• Posted by : Maggie DL Senin, 19 Juni 2017



    Gliserol adalah sebuah komponen utama dari semua lemak dan minyak, dalam bentuk ester yang disebut gliserida. Molekul trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dikombinasikan dengan tiga molekul asam lemak. Gliserol (1,2,3-propanatriol) atau disebut juga gliserin merupakan senyawa alkohol trihidrat dengan rumus bangun CHOHCHOHCHOH. Gliserol berwujud cairan jernih , higroskopis, kental, dan terasa manis.
    Tabel 1. Sifat Fisik Gliserol
    Sifat
    Nilai
    Bobot molekul
    92,09382 g/mol
    Viskositas pada suhu 20°C
    1499 cP
    Panas spesifik pada suhu 26°C
    0,5795 kal/g
    Densitas
    1,261 g/cm³
    Titik leleh
    18°C
    Titik didih
    290°C

                Gliserol memiliki banyak kegunaaan, diantaranya sebagai emulsifier,agen pelembut, plasticizer, stabilizer es krim, pelembab kulit, pasta gigi, obat batuk , sebagai media pencegah reaksi pembekuan darah merah, sebagai tinta printing , sbagai bahan aditif pada industri pelapis , cat, sebagai bahan antibeku, sumber nutrisi dalam proses fermentasi, dan bahan baku untuk nitrogliserin.
    Gliserol ditemukan untuk memiliki berbagai macam kegunaan dalam pembuatan berbagai produk dalam negeri, industri, dan farmasi. Saat ini, nama gliserol mengacu pada senyawa kimia murni dan komersial dikenal sebagai gliserin.
    Gliserol (CH2OH.CHOH.CH2OH atau propana-1, 2, 3-triol), dalam bentuk murni, adalah, bening, tidak berwarna, tidak berbau, cairan kental manis. Ini benar-benar larut dalam air dan alkohol, sedikit larut dalam banyak pelarut umum seperti eter dan dioksan, dan tidak larut dalam hidrokarbon.
    Pada suhu rendah, gliserol kadang-kadang membentuk kristal yang cenderung meleleh pada 17,9 ° C. Gliserol cair mendidih pada 290 ° C di bawah tekanan atmosfer normal. Berat jenis 1.26 dan berat molekul adalah 92,09.
    Gliserol tersebar luas di semua organisme hidup sebagai konstituen dari gliserida. Hal ini digunakan sebagai antibeku molekul oleh organisme tertentu. Selama pencernaan, gliserol dibagi dari asam lemak dan dapat bergabung dengan mereka untuk membentuk lemak yang disimpan dalam tubuh atau digunakan sebagai bahan bakar tubuh untuk menyediakan energi.

    Penggunan medis
    Dalam bentuk supositoria rektal, gliserol mengurangi sembelit dengan pelunakan tinja yang keras. Gliserol digunakan dalam krim pelembab untuk membantu mencegah kekeringan dan retak kulit (misalnya, digunakan untuk melindungi puting selama menyusui). Gliserol juga digunakan dalam tetes telinga untuk membantu melunakkan kotoran telinga sebelum menyemprot dari telinga, dan sebagai obat batuk untuk membantu menenangkan batuk kering yang menjengkelkan.



    Pengertian Gliserol
     








    http://3.bp.blogspot.com/-LlzlKA4IKlE/TwKgp2i9DZI/AAAAAAAAAHM/y-fqJLAM1js/s200/STRUKTUR+GLISEROL.jpgGambar 1. Karbon = abu-abu, hidrogen = putih, oksigen = merah






    Gambar 1. Struktur Gliserol


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Maggie's Blog

    Maggie's Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan